Cara Pembuatan Minyak Atsiri Dari Sereh

Cara pembuatan minyak atsiri. Minyak Atsiri, atau di kenal dengan Essential Oil, Aromatik Oil, merupakan kelompok besar minyak nabati yang mempunyai bentuk seperti cairan kental pada saat suhu ruang, namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak Atsiri juga termasuk bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Bahkan, di dunia perdagangan, hasil sulingan minyak atsiri ini di kenal sebagai bibit minyak wangi.

Berikut Beberapa Jenis dari Minyak Atsiri untuk Aromaterapi

Minyak Lavender

Memiliki nama ilmiah Lavandula Angustifolia yang merupakan jenis Minyak Esential yang berasal dari bunga lavender. Selain itu, Lavender merupakan tanaman asli dari Mediterania, Semenanjung Arab, dan Rusia. Saat ini tanaman Lavender juga banyak di tanam di seluruh belahan dunia. Selain itu, Minyak Lavender dapat ditemukan di toko makanan sehat atau toko obat/herbal.Minyak Lavender memiliki banyak kegunaan sebagai bahan dasar kosmetik dan produk perawatan tubuh.

Minyak Lavender juga memiliki beberapa kegunaan sebagai obat dan penambah rasa pada makanan. Tak hanya itu, minyak ini juga dikenal untuk merelakasasikan, mengatasi migrain dan sakit kepala, membantu tidur lebih nyenyak, serta minyak ini juga dipercaya sebagai antiseptik untuk luka karena benda tajam dan luka bakar ringan.

Minyak Rosemary

Minyak yang di anggap suci oleh orang Yunani, Romawi, Mesir dan Ibrani kuno. Memiliki nama rosemary atau rosmarin, diketahui lebih dari sekedar herbal aromatik yang menjadi teman berbagai masakan. Rosemary juga merupakan salah satu Essential Oil paling kuat.

Minyak tanaman herbal ini di yakini mampu merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan daya ingat, dan juga dapat mencegah kejang otot serta mendukung sistem saraf dan sistem peredaran darah. Tak hanya itu, Minyak Rosmary juga dapat di gunakan untuk meningkatkan memori, menenangkan pencernaan, meringankan nyeri otot.

Minyak Melati

Teman-teman pasti tau kan melati itu apa, yaps betul sekali, melati yaitu tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Tak hanya itu, ada saya yang menyebut bunga ini dengan julukan “bunga horror”. Selain itu, di Italia sendiri melaticasablanca (Jasmine officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Dalam tahun 1665 di Inggris dirawat/budidaya lah melati putih (Jasmine sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de’ Meici. Pada tahun 1919 ditemukan juga melati Jasmine parkeri di kawasan India Barat Laut, kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Selain itu, Minyak Melati juga memilki banyak khasiat yang bermanfaat bagi diri kita yaitu untuk meredakan kecemasan, meredakan nyeri PMS, meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya. Minyak ini juga dikenal sebagai afrodisiak atau zat yang mampu menaikkan gairah seksual. Walau studi ilmiah mengatakan bahwa bukti pendukung masih sedikit, minyak melati dipercaya dapat meningkatkan gelombang beta pada otak. Kemudian, gelombang beta dikaitkan dengan ketajaman perhatian.

Minyak Cengkeh

Teman-teman tau kan, bahwa cengkeh tak hanya rempah-rempah. Minyak Cengkeh adalah minyak yang di hasilkan dari proses penyulingan/distilasi pada bagian tanaman cengkeh, terutama pada daun dan bunga cengkeh. Di samping itu, seluruh bagian dari tanaman cengkeh mengandung minyak, tetapi untuk bunga nya memiliki kandungan minyak yang paling banyak daripada yang lainnya. Mengapa teman-teman? Hal itu di karenakan, daun dan ranting cengkeh juga menghasilkan minyak. Bahkan, keduanya pun bisa menjadi penghasilan sampingan bagi petani cengkeh yang memanen bunga cengkih untuk dibuat rokok. Lalu caranya? Easy peasy, yaitu dengan cara petani cukup mengumpulkan daun dan ranting yang runtuh di sekitar pohon dan melakukan penyulingan sederhana untuk mendapatkan minyak cengkih kasar.

Bahkan, Minyak cengkeh juga memiliki khasiat lainnya sebagai analgesik topikal untuk pereda nyeri pada masalah gigi. Selain itu, minyak cengkeh juga di kenal sebagai antispasmodik dan antiemetik untuk mencegah mual, muntah, serta mencegah timbulnya gas yang ada di usus.

 

Manfaat Minyak Atsiri Sereh

cara pembuatan minyak atsiri dari sereh

  1. Digunakan untuk obat pengusir serangga, terutama nyamuk
  2. Meredakan nyeri pada otot
  3. Memberikan efek yang memenangkan
  4. Memberi perlindungan untuk sistem pencernaan
  5. Membantu melancarkan detoksifikasi
  6. Membantu menjaga kulit tampak lebih halus dan mulus

 

Kandungan Minyak Atsiri Sereh

Kandungan utama yang di miliki dari sereh terutama pada minyak atsiri yaitu komponen sitronelal 30- 45%, geraniol 65-90%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, sitronelil asetat 2- 4%, sitral, kavikol, eugenol, elemol, kadinol, kadinen, vanilin, limonen, kamfen. Komponen kimia yang terdapat dalam minyak sereh memiliki wangi yang cukup komplek.

 

Cara Memanen Daun Sereh yang Benar

Untuk mendapatkan bahan cara pembuatan minyak atsiri sereh, akan lebih baik jika kamu menggunakan daun yang dipetik sendiri dari halaman. Oleh sebab itu, sebelumnya kamu sebaiknya telah melakukan budidaya serai wangi.

Hal ini penting, karena teknik pemotongan daun akan sangat mempengaruhi produksi minyak atsiri nantinya. Cara terbaik adalah memotong daun sekitar 5 cm di atas batas pelepah.

Dengan helaian daun yang berada di posisi paling bawah daun yang belum mati atau kering. Kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Serai sebaiknya berasal dari masa panen ke 1-3, jika memasuki masa panen ke hasilnya akan menurun
  • Saat panen pertama, serai wangi sudah berusia 6-9 bulan.

 

Persiapan Bahan dalam Cara Pembuatan Minyak Atsiri Sereh

Tanaman serai wangi merupakan tanaman yang secara alami mengandung minyak atsiri. Untuk mendapatkan minyak yang berkualitas, Anda harus mengolah daun yang masih segar.

Namun jika tidak bisa langsung diproses, Anda bisa mengeringkannya selama 3-4 jam sebelum disimpan.

Ini akan menurunkan kadar sitronelal dan geraniol di dalamnya dan mencegah pembusukan. Sehingga produksi minyak tetap baik meskipun tanaman tidak dalam keadaan segar.

 

Cara Pembuatan Minyak Atsiri Sereh dengan Teknik Penyulingan

Untuk mengekstrak minyak dari daun sereh, kamu harus melakukan proses penyulingan. Kamu bisa membeli atau bahkan menggunakan alat mesin penyulingan minyak atsiri sesuai dengan kebutuhan ukuran.

Berikut proses penyulingan daun serai yang akan kamu lakukan:

  1. Masukkan air ke dalam alat suling secukupnya
  2. Masukkan serai ke dalam ketel suling, isolasi pinggirannya untuk mencegah panas mengalir ke luar
  3. Setelah beberapa saat, minyak atsiri akan terlihat di tabung pemisah
  4. Jika menggunakan 1 ton daun, kamu memerlukan waktu sekitar 5 jam untuk penyulingan dengan kecepatan 120 kg uap/jam

Biasanya, minyak sereh hasil akhir proses penyulingan memiliki kualitas 0,7-0,9%.