Apa Fungsi dari Tactile Paving Guiding Block?

Tactile Paving Guiding Block – Bagi penyandang disabilitas untuk bisa berjalan dengan nyaman dan aman di area-area umum pastinya membutuhkan media spesial yang dapat menunjang apa yang mereka butuhkan. Contohnya jalur untuk Tunanetra yang kerap dikenal dengan nama Guiding block.

Guiding block atau tactile paving guiding block yaitu alat bantu yang digunakan untuk menolong menuntun disabilitas menjumpai jalur yang aman dan benar agar bisa terhindar dari situasi yang berbahaya.

Guiding block atau tactile paving guiding block berbentuk keramik yang diatasnya terdapat tekstur yang memiliki pola yang memiliki makna dan fungsi untuk dapat menjadi pemandu bagi para Tunanetra. Bentuk pola pada paving guiding block dapat dikelompokkan menjadi dua bentuk pola, di antaranya yaitu paving guiding block dengan pola bulatan-bulatan kecil dan pola garis-garis lurus.

Tactile Paving Guiding Block

Guiding block dengan bentuk pola bulatan-bulatan kecil yang dikenal dengan Guiding Block Tactile Spot yang mempunyai makna “BERHENTI”. Bentuk pola ini bergunan untuk menjadi penuntun pada jalur penderita Disabilitas khususnya Tunanentra agar menyadari pada titik mana harus berhenti berjalan atau adanya peringatan mengenai perubahan kondisi jalan.

Paving guiding block dengan bentuk pola berupa garis-garis lurus yang dikenal dengan Guiding Block Line Type yang memiliki makna “BOLEH BERJALAN”, bentuk pola ini memberikan informasi pada para orang buta (tunanetra) bahwa tetap bisa berjalan pada jalur guiding block tersebut, dengan begitu mereka berada pada jalur yang benar.

Paving guiding block ini seringnya diletakkan di jalan fasilitas umum, contohnya saja pada jalur Stasiun, Terminal, Bank, Perkantoran, Pengadilan, Perpustakaan, dan tempat-tempat lainnya. Pada tempat-tempat di luar gedung pun juga sudah banyak yang dipasangi paving guiding block.

Untuk wilayah luar ruangan mungkin kita akan sering menemukan Guiding block ini pada taman, trotoar, area sekitar tangga, dan lain sebagainya.

Pemasangan paving guiding block ini terkadang diletakkan secara berjajar rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalur yang dipasang paving guiding block ini seringnya pada jalan menuju tangga, jalur yang mempertemukan antara jalan dan gedung, jalan ramai lalu lintas kendaraan, dan yang lainnya.

Paving guiding block ini di telah banyak negara sudah mewajibkan untuk melakukan pemasangan guiding  block, selain berfungsi untuk menuntun penyandang Orang buta (Tunanetra), pemasangan paving guiding block ini juga berguna untuk mendukung tatanan kota.